Cara Mudah Menumbuhkan Minat Baca Untuk Pemula

sumber foto :balistung.com

Hai Gaes, pernahkah kalian mengalami situasi seperti ini, lagi jalan-jalan ke toko buku atau perpustakaan kemudian melihat buku bacaan tebal, dahimu langsung mengkerut, jiper gitu. kamu langsung  spontan bilang, OMG!!  
Boro-boro ngambil buku itu dan membacanya, yang ada langsung 'hands up', sambil melambaikan tangan di depan kamera, hmmm...lebay,,,lo kira uka-uka.  Saking takutnya, lebih baik  mlipir pergi nyari kesibukan lain, main gadget, nonton tv, dengarin musik atau mungkin main congklak. Nah, ini ada sedikit pengetahuan praktis bagaimana menumbuhkan minat baca. mau tahu? mau tahu? jama’ah.....ohhh jamaah,alhamdulillah..heheheh itu - *gaya ustad maulana.


Langsung saja, begini resepnya agar kamu  nggak  takut atau segan melihat buku lagi, setebal apapun buku itu, asal kamu tahu caranya maka semua akan indah pada waktunya,,,ups maksudnya semua akan mudah pada dasarnya. Terus gimana dong caranya, daritadi bilang langsung saja, ini malah bertele-tele, eittsss jangan salah Gaes, konon katanya dalam ilmu kepribadian (personality) ternyata ada dua tipe orang memberi penjelasan, pertama orang yang suka bertele-tele dan kedua suka to the point. Nah, kebetulan saya termasuk orang yang suka to the point kalau diberi tahu sama orang, tapi kalau lagi ngasih tahu pada orang lain suka bertele-tele, ada juga sebaliknya, ngasih tahu orang lain to the point padahal orang yang mau dikasih tahu malah tipe orang yang suka kalau dijelaskan secara bertele-tele (rinci). Terus kapan ngebahas tentang membaca cepat? sabar saya orangnya suka bertele-tele wkwkwkkw

Baiklah, sekarang saya serius nih, nggak pake bertele-tele lagi. Kunci untuk menumbuhkan minat baca antara lain di bagi lima antara lain;
Pertama, tatkala pertama kali melihat sebuah buku,  jangan sekai-kali langsung ingin melahap (membaca)  isi buku itu. slowly gaes, bercumbu saja dulu dengan  buku itu. dilihat, diraba, ditrawang, maksudnya lihat-lihat sampulnya, perhatikan warnanya, baru lihat daftar isi (kalau ada), judul  sub judulya, lihat sekilas lembar per lembar buku itu, perhatikan gambar kalau ada gambar, lihat kalimat yang bercetak tebal, bergaris miring atau yang kira-kira menarik di mata (kebiasaan saya mencium wangi kertas buku itu)...tapi pastikan buku itu buku baru, buku lama mungki sudah bau tangan, hehehe.

Kedua, setelah ‘pemanasan’, langkah selanjutnya, tutup buku itu, ambil waktu sejenak untuk membuat rangkaian tanda tanya dalam benak kalian, semua yang sudah kalian lihat barusan, pertanyaan itu bisa berupa, judul apa?daftar isinya tentang apa? poin-poin pentingnya (cetak tebal /miring) ? gambar-gambar/ilustrasi, dan lain-lain. Buat 5W 1 H dalam pikiran kalian, sukur-sukur kalau dituliskan dalam secarik kertas. Untuk tahap awal (belajar), lebih baik dituliskan dalam secarik kertas. Ingat, ini belum tahap membaca, baru tahap ‘warming up’. Tujuannya adalah agar bisa menumbuhkan minat atau rasa penasaran pada buku sekaligus membuat ‘cantolan’ memori di pikiran kalian. Cantolan ini nanti berguna untuk menaruh memori isi bacaan kelak.

Ketiga, setelah membuat pertanyaan-pertanyaan sebanyak mungkin dalam kertas atau dalam pikiran (bagi yang sudah mahir), langkah selanjutnya, baru masuk ke membaca sesungguhnya. Usahakan mencari suasana ruangan atau tempat yang tidak berisik, punya penerangan atau cahaya yang bagus dan pastinya makes it enjoy. Now, its time to read!!!

Keempat, jangan lupa untuk menghidari style-style penghambat baca cepat seperti yang sudah saya tulis di sini. Kemudian mulailah membaca, sambil mengingat pertanyaan-pertanyaan yang sudah kalian tulis. Jawaban-jawabannya akan secara otomatis terjawab saat kalian mulai membaca. Selalu rileks dan konsentrasi penuh. Bagaimana agar konsentrasi membaca bisa tinggi, kuncinya, percepat bacaaan, semakin cepat semakin tinggi konsentrasi. analoginya seperti kalian naik motor, semakin cepat memacu kendaraan, otomatis konsentrasi semakin tinggi pula. kalau nggak percaya buktikan saja sendiri.

kelima, dan terakhir, tutup buku lalu review bacaan. ceritakan isi bacaan sebanyak mungkin dalam sebuah kertas. Jangan lihat buku. pasti akan muncul pertanyaan-pertanyaan baru di benak kalian, keep biarkan saja dahulu. setelah itu, coba buka kembali buku dan temukan jawaban-jawaban atas pertanyaan tadi. ingat, cari secara pintas saja, sekilas dan cepat.

Sementara itu saja kiat saya, selamat mencoba, practice makes perpect!!!

Komentar

  1. setelah menulis kembali membaca terussss begitu :D

    BalasHapus
  2. http://www.kompasiana.com/abutahir/5-cara-meningkatkan-daya-ingat-terhadap-bahan-bacaan_56d051f0577b61490c8b456d

    BalasHapus
  3. idenya boleh juga bang hatta.. bercumbu dulu dengan buku.. pemanasan... Yang terlupa,, "pake pengaman ngga" :)

    BalasHapus
  4. wkwkwkwk.....itu gak dapat padanan kalimatnya jadi ya itu aja hehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yoehan Busana Merambah Bisnis Pakaian Segala Usia dan Lapisan Sosial

Perbedaan Artikel, Opini, Feature dan Esai

Dua Kodi Kartika: 4 Kunci Sukses Ika Kartika, Owner Keke Busana Muslim