Band Cokelat Hadir dalam Sarasehan 'Solidaritas Untuk Sesama' bersama Blogger dan PMI



Hari minggu bagi saya biasanya identik dengan me time alias tidur. Tapi, untuk hari minggu ini, 10/1/2016, saya punya agenda groupy time alias kopdar. Kopdar antara anggota sebuah komunitas Blogger dan profesi lainnya yang bernama #taudariblogger.
Bertempat di kantor pusat PMI Jalan Kramat Raya Jakarta Pusat, berkumpul para blogger bersama Pegawai Palang Merah Indonesia, perwakilan Kemenpar  (pesona Indonesia), Band Cokelat dan www.jakartakita.com. Mereka menggelar sebuah acara sarasehan yang bertema #solidaritas untuk sesama.

Hadir sebagai narasumber diantaranya ada Mbak Nuty Laraswaty, seorang Digital Marketing Blogger kesehatan dan UKM, Personil Band cokelat (Edwin, Ronny dan Jackline Rossy), Bapak Iqbal Alamsyah-Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik Kementerian Paraswisata RI.
dari kiri ke kanan, Bpk Mukhtar Humas PMI, Jackline Rossy, Bpk Iqbal Alamsyah, Ronny, dan Edwin (Cokelat)

Acara diawali dengan sambutan dari humas PMI, Bapak Mukhtar. Dia menegaskan perlunya PMI  bersinergi dengan banyak entitas di masyarakat salah satunya dengan para Blogger. Tujuannya agar program-program sosial yang diemban PMI bisa tersosialisasikan ke tengah masyarakat luas. “Harapan kami dengan terlaksananya Sarasehan ini akan menjadi langkah yang bermanfaat bagi kami untuk mewujudkan “Solidaritas Untuk Sesama” Katanya.

Selanjutnya sambutan dari Bapak Iqbal Alamsyah. Sosok yang getol  mensosialisasikan program dari Kementerian Pariwisata yakni Pesona Indonesia, dalam kesempatan itu guna mencairkan suasana, Ia mengajak peserta sarasehan yang hadir saat itu untuk menunjukkan yel-yel Pesona Indonesia. “kalau saya sebut pesona Indonesia, maka kalian harus menjawab wonderful,” pintanya. Pesona Indonesia!!! “wonderful,” sahut para Blogger.

Dalam pemaparannya, pak Iqbal memberikan alasan Kenapa pariwisata di Thailand lebih baik dibanding di sini (Indonesia).  “karena jurnalis dan media di sana tidak pernah menjelek jelekkan negaranya sendiri,” katanya. Menurutnya, sarasehan hari ini dapat memberikan angin segar, bukan hanya bisa memberikan informasi bagi Blogger tapi juga punya andil besar untuk bersama-sama peduli terhadap lingkungan dan kemanusiaan. Kedepan dapat mengajak dan merangkul lebih banyak lagi dari berbagai komunitas dan media untuk turut serta melakukan aksi dan berbagi informasi.

Dalam kesempatan berikutnya, Bapak Herman selaku Deseminator PMI, mengungkapkan harapannya, agar DPR RI segera mensahkan RUU kepalangmerahan, khususnya soal lambang. Menurutnya, penyalahgunaan lambang Palang Merah di Indonesia sampai saat ini masih banyak, karena semua pihak bebas mempergunakan lambang tersebut baik untuk kepentingan pribadi maupun untuk bisnis. Padahal, pengguna lambang Palang Merah yang berhak adalah Palang Merah Indonesia (PMI) dan Dinas Medis Militer TNI. Herman juga mengajak para Blogger untuk mendukung dan menyuarakan Pengesahan RUU Kepalangmerahan.

Setelah Isoma dilanjutkan dengan sesi berbagi tips cara menulis konten digital marketing yang efektif dari Mbak Nuty Laraswaty.  Selain sebagai pelaku digital marketing, dia juga adalah seorang Blogger s yang konsen menulis masalah kesehatan dan UKM. Menurutnya, para Blogger harus juga konsen pada satu bidang pembahasan, misalnya saja soal kesehtanan atau UKM atau pun bidang lainnya.

Dia menambahkan, Kalau bisa semua akun media sosial kita memiliki nama yang sama sehingga memudahkan personal branding para Blogger. “buat tim work, bentuk komunitas belajar, cari strategi bisnis dan lakukan (bisa trial dan error), cara ini bisa mengantarkan kita pada kesuksesan,” jelasnya. 
 
Obrolan hari ini  di tutup dengan pesa-pesan moral yang disampaikan para personil Band Cokelat. Ada Edwin, Ronny (Febrianto Nugroho) dan Vokalisnya , Jackline Rossy. Band yang sudah banyak makan asam garam di blantika musik tanah air. Berdiri sejak tahun 1996 dan sudah merilis 8 album sejak tahun 2000 sampai 2008. Bulan Maret tahun ini akan merilis album barunya. 

Dalam kesempatan itu, Mereka mengajak untuk cinta dan bangga dengan produk dalam negeri sendiri. Cokelat selalu dan tidak pernah berhenti untuk menyuarakan cinta bangsa dengan selalu menciptakan karya-karya  baru tentang nasionalisme. Kami akan selalu siap menghadapi kemajuan dan persaingan dunia di berbagai era dengan terus beradaptasi dgn kemajuan jaman. “kami selalu percaya diri dengan kemampuan kami sebagai anak bangsa Indonesia,” tegas Ronny.

Kemudian ada Blogger yang bertanya pada saya, “Terus apa dong hubungannya antara Blogger ,Band Cokelat dan PMI serta pesona Indonesia”? tanyanya pada akhir acara. “hubungannya baik-baik saja,”jawab saya :D. Begini yang bisa saya simpulkan: “berbicara Pesona Indonesia berbicara tentang wisatawan (mancanegara/domestic),mereka tidak selamanya sehat, pasti ada juga yang sakit dan butuh darah.  Nah, kemana  mereka akan mencari darah, siapa yang harus mereka kontak, kemana mencari bacaan rujukan? Disinilah Tugas Blogger dan Band Cokelat mensosialisasikan Palang Merah Indonesia ke tengah masyarakat. Blogger melalui tulisannya, Band Cokelat melalui populeritasnya.”Inilah yang disebut SINERGI.
Vokalis Cokelat Jackline perfome nyayi lagu 'bendera', sekaligus menutup Sarasehan siang itu 

Sebagai informasi tambahan dan  bahan referensi masyarakat yang mungkin ingin donor darah atau membutuhkan darah bisa menghubungi Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia Provinsi DKI Jakarta, Jalan Kramat Raya No.47 Nomor telepon 021-327711 atau 3909259 fax 3101107 atau Rumah Sakit yang memiliki Bank Darah
· Bagaimana prosedur dan tata caranya bisa mengakses melalui website PMI DKI di http://pmidkijakarta.or.id/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yoehan Busana Merambah Bisnis Pakaian Segala Usia dan Lapisan Sosial

Perbedaan Artikel, Opini, Feature dan Esai

Dua Kodi Kartika: 4 Kunci Sukses Ika Kartika, Owner Keke Busana Muslim