Unik, Sepeda yang Terbuat dari Bambu

Sepeda Bambu jenis spiderBoo (depan) dan S Laminated (belakang)
Kalau sepeda terbuat dari besi atau alumunium sudah biasa, bagaimana seandainya ada sepeda yang terbuat dari bahan bambu,wah pasti unik bukan?



Nah,ceritanya tadi siang saya mengunjungi Jakarta Convention Center (JCC), Senayan Jakarta. Di sana ada sebuah even yang bertema " Furniture Indonesia & Mozaik Indonesia. Even ini berlangsung dari tanggal 10 hingga 13 Maret 2016.
Ada puluhan booth di hall A dan B. Dari sekian banyak furniture yang dipamerkan, ada satu booth yang menarik perhatian saya, sepeda bambu.
Posisinya tepat di sebelah kanan pintu masuk Hall JCC. Di sana telah terpajang dua buah sepeda bambu. Saya lihat dan pegang batangnya semua memang terbuat dari bahan bambu semua. Untuk shock, batang jok, piringan, gir dan pedal masih terbuat dari besi.

Sepeda bambu ini adalah hasil karya dari komunitas yang bernama Akademi Bambu Nasional yang berlokasi di 4 tempat diantaranya Serang, Tangsel, Jakarta, Bogor dan Bandung. Untuk workshop pembuatan sepeda bambu ini ada di Jalan cendekia, Serpong.

Komunitas ini concern melestarikan dan membudidayakan bambu. Mereka memiliki misi yakni pada tahun 2025 bambu bisa mendukung Indonesia dalam hal kedaulatan dan ketahanan papan, pangan dan sandang,energi,pendidikan, kesehatan dan lingkungan.

Selain mengadakan pelatihan membuat kerajinan tangan yanng semuanya berbahan dasar bambu, ABM juga sedang menggalakkan industri bambu. Salah satu hasilnya adalah sepeda bambu ini.

Adapun harga yang dipatok untuk satu sepeda berkisar antara 3,5 juta hingga 5 juta rupiah dengan 9 jenis atau variasi. Ya memang agak sedikit mahal dibanding sepeda keluaran pabrikan, tapi bisa dimaklumi karena ada nilai keunikan di dalamnya.

Untuk batang dan sambungan saya perhatikan termasuk kokoh, hanya saja saya belum yakin kalau dipakai di medan yang berat seperti gunung dan tanah liat. Sepeda ini sepertinya memang diperuntukkan untuk jalan raya. kekurangan sepeda bambu ini adalah bobotnya yang terlalu berat, bisa 7 hingga 12 kilogram. Lebih berat dari sepeda biasanya, sehingga bisa menggangu aero dinamika kita saat kita goes.

Spesifikasi
Frame : Bambu tali, black petung, payung dan bambu kuning
Fork : straight fork high stainless steel /alloy
Headset : thread less headset alloy & steel
Handlebars : alloy dan steel (drop bar 42 cm riser 52 cm
Steam : shimano four screw alloy
Brakes : alloy front brake
Saddle : wellgo gel saddle or other
Cranks set : shimano single, 4, 8 speed
Chain : KMC chain gear ratio 44. :16
Pedal : wellgo alloy
Wheels /Tire : Kenda kwest n others
Harga berkisar 3,5 juta hingga 5 juta (frame only)




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yoehan Busana Merambah Bisnis Pakaian Segala Usia dan Lapisan Sosial

Perbedaan Artikel, Opini, Feature dan Esai

Dua Kodi Kartika: 4 Kunci Sukses Ika Kartika, Owner Keke Busana Muslim