Waalaikumussalam Paris, Film Komedi Romantis Cita Rasa Prancis

Poster Film Waalaikumussalam Paris, Tayang 17 Maret 2016

"Halo gaes, akhir pekan ada jadwal nonton apa? Kalau belum ada gambaran, saya sedikit mau ngasih bocoran film Indonesia yang saya anggap rekomended buat kalian tonton. Soalnya filmnya kocak abes. 
Saya semalam baru saja nonton Gala Premiernya. Film Indonesia terbaru yang berjudul "Waalaikumussalam Paris". Bersama sahabat Blogger Koalisi online pesona Indonesia (KOPI), kami menonton di XXI Epicentrum Kuningan, pada Selasa (15/3).


Tentang film ini, sekilas kalau melihat judulnya,  kalian pasti menganggapnya film religi, padahal bukan!!! Film ini bergenre komedi romantis. Ya sih, ada beberapa adegan yang menampilkan nilai dan ritual Islam di film ini. 

Film garapan Rumah Produksi Maxima Picture yang disutradarai oleh Benni Setiawan ini, bercerita tentang dua sejoli yang secara adat budaya keduanya  bak bumi dan langit. Si Laki-lakinya, orang Bule yang berasal dari Perancis bernama Clement (Nino Fernandez) sementara perempuannya orang Indonesia yang lahir di Bojong, bernama Itje (Velove Vexia).

Clement lahir dari ibu orang Indonesia dan Bapak Perancis. Ia pulang ke Indonesia untuk melihat makam ibunya di Indonesia. Di sinilah Ia bertemu dengan Itje,  gadis  alay yang lugu, dan kocak. Hobbinya berfoto selfie dan update status di media sosial.

Sementara, si Emen, bule ganteng yang masih terbata-bata berbahasa Indonesia. Mereka akhirnya kawin.  Setelah ijab kabul dan resepsi, keduanya pergi ke ke Prancis, negara asalnya Emen.  Itje senang bukan main, seperti yang Ia  impikan selama ini, bisa ke Paris, jalan-jalan sambil berfoto selfie di Menara Eifel. Di sana, Itje kecewa melihat kenyataan dihadapannya. Emen membawanya tinggal di pedalaman Prancis.  Di lokasi itu, jauh dari kesan modern, Bayangkan signal handphone pun gak ada. Bagi Itje ini bagai neraka.
***
Dikemas dengan gaya jenaka, film yang berdurasi hampir dua jam ini  telah berhasil membuat saya ketawa terpingkal-pingkal. Kalau boleh saya membandingkan, Itje ini seperti tokoh 'Oneng' di sitkom Bajaj Bajuri. Bedanya, Itje orang sunda, sementara Oneng orang Betawi. 

Daya tarik yang lain, film ini memiliki efek visual yang keren. Drone digunakan untuk mengeksplore dari atas keindahan hamparan kebun anggur dan jagung serta hutan. Saya seolah-olah ikut dibawa melayang dan melihat dari atas pesawat. Selain itu, efek audionya juga bagus, selipan latar musik Prancis memberikan hiburan sekaligus nuansa Eropa kepada penonton.

Terakhir kali saya nonton film komedi Indonesia berjudul Bajaj Bajuri. Film yang juga mengangkat fenomena masyarakat Indonesia yang kadang luput dari perhatian kita,  film kocak dan menghibur. Sama halnya di film waalaikumussalam Paris yang juga mengangkat fenomena sebagian masyarakat terutama perempuan yang memiliki keinginan kawin dengan Bule hanya demi mengangkat status sosialnya bahkan juga mungkin untuk memperbaiki keturunan. Dikemas dengan gaya komedi yang ringan namun juga terselip inspirasi di dalamnya.  
Nah, bagi kalian yang butuh refreshing, setelah penat seharian beraktifitas,  Film Waalaikumussalam Paris sepertinya layak untuk jadi alternatif  hiburan pekan ini. Oya, Film 'WP' akan Tayang serentak  mulai tanggal 17 Maret 2016 di Bioskop Tanah air.
Blogger KOPI on the spot

Trailer WP



Detail film 

Judul.       : Waalaikumussalam Paris
Sutradara : Benni Setiawan
Penulis.     : Benni Setiawan
Produser : Ody Mulya Hidayat
Rumah Produksi : Maxima Picture

Pemain Film 

Velove Vexia sebagai Itje
Nino Fernandez sebagai Clement
Tanta Ginting sebagai Dadang
Boris Bokir
Lidya Kandao
Joe P Project
Franda

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yoehan Busana Merambah Bisnis Pakaian Segala Usia dan Lapisan Sosial

Perbedaan Artikel, Opini, Feature dan Esai

Dua Kodi Kartika: 4 Kunci Sukses Ika Kartika, Owner Keke Busana Muslim