Film 2 Batas Waktu, Kisah Nyata (Ghaib) Tiara Menemukan Hidayah


Konon kabarnya Film ini sempat tidak lolos sensor. Menurut informasi, ada beberapa cuplikan yang dihilangkan seperti teks ayat alquran dan beberapa adegan lainnya, Meskipun begitu, pada akhirnya film ini bisa dirilis serempak mulai 26 Mei 2016.  


Saya beruntung bisa menyaksikan film ini lebih awal, kemarin saat acara Media Screening. Film "2 batas Waktu". Hasilnya, ada beberapa catatan yang berhasil saya peroleh dan mungkin bisa menjadi referensi pembaca dan pecinta film Indonesia.

Pertama,  konon kabarnya film ini diangkat berdasar kisah nyata dari seorang wanita pekerja hiburan malam bernama Tiara. Ia mengalami pengalaman supranatural sejak 2004. Wanita ini memiliki kemampuan indra ke enam yang mampu melihat “Roh”. Kemampuan yang tidak dimiliki banyak orang. Pengalaman spiritualnya inilah yang mengantarkannnya mendalami Islam dan Alquran dan sehingga bisa meyakini bahwa keduanya adalah kebenaran.

Kedua, film ini termasuk berani, Kenapa? mengangkat sentimen agama dengan menggabungkan unsur Islam, kristen , Hindu dan Budha dalam sebuah film, misalnya unsur mistis (Hindu-Budha), meskipun di film ini kesan mistis itu diganti dengan istilah metafisik, namun pada dasarnya kedua istilah itu sama. Contoh lainnya, Tiara bertemu dengan Rasul yang Ia anggap penjelmaan Nabi Isa Al Masih. Bagi sebagian orang ini adalah penistaan agama karena bisa dianggap Takhayul. Namun ada juga yang mengganggap ini biasa.

Di sisi lain, film ini agak liberal menerjemahkan nilai-nilai agama (islam), bisa dilihat dalam cara berpakaian dan berprilaku, contoh lagi, saat Kyai Ibnu, dalam sebuah kelas pengajian mencontohkan soal metafisika dengan cara mengambil segelas air minum dan meminumnya sambil berdiri, padahal Nabi Muhammad dalam sebuah hadisnya menganjurkan meminum sambil duduk.

Ketiga, Meskipun disana-sini masih ada kekurangan tidak berarti film ini tidak memiliki pesan moral yang baik. Menurut saya, Pesan moral yang ingin disampaikan di film 2 batas waktu ini adalah tentang hidayah. Bahwa pengalaman spiritual bisa dialami siapa saja, apapun agamanya, latar belakang pekerjaanya bahkan bagi mereka yang kita anggap “orang tidak baik”. Oleh karena itu, overall, film ini layak menjadi hiburan sekaligus menambah inspirasi bagi penonton Indonesia dan pecinta film Indonesia. Mereka yang menginginkan tidak saja sebagai hiburan namun juga ada oleh-oleh “inspiring” yang dibawa pulang ke rumah.

Film “2 batas waktu”arahan sutradara muda, Andre Murtono dan Rudiansyah bercerita tentang wanita pekerja dunia hiburan bernama Tiara (Tiara remaja diperankan oleh Irish Bella dan Sandra Olga sebagai Tiara Dewasa) yang memiliki indra ke enam (sixth sense) bisa menembus dimensi lain.

Kisahnya diawali saat Tiara tiba-tiba limbung dan hampir pinsan. Tiara melihat seolah-olah  nyata, sebuah kejadian jatuhnya sebuah pesawat di Gunung salak Bogor. Benar saja, ke esokan harinya tersiar kabar di TV sebuah kecelakaan milik Rusia, Sukhoi di Bogor.

Merasa ada yang aneh dengan kejadian yang baru saja menimpanya, Tiara bersama suaminya, Andra (diperankan oleh Mehdi Zati), kemudian mendatangi Kyai Ibnu (diperankan oleh Ibnu Quraish) yang faham tentang ilmu metafisika. Didepan Kyai, Tiara  bercerita awal dirinya mengalami kejadian aneh, waktu itu Ia masih kecil pada tahun 1986, sering mengalami hal-hal ghaib seperti melihat roh dan surga.

Roh itu terus mengikutinya kemana saja Tiara pergi, Kejadian ini terus dialami Tiara hingga dewasa, keganjilan ini juga dirasakan oleh teman-temannya. Bahkan mereka mengganggap Tiara sudah gila. Hanya Ayahnya (Cok Simbara) yang setia mendampinginya dan terus membesarkan hati Tiara kala  menjalani masa-masa sulitnya.

Apakah Tiara bisa menemukan jawaban dari berbagai kejadian yang dialaminya? Siapa sebenarnya Roh yang terus mengikutinya? Saksikan selengkapnya Film 2 Batas Waktu pada 26 Mei 2016 serentak di bioskop tanah air.

Detail Cast dan Crew Film 2 Batas Waktu (2016)

Genre : Religi, Drama, Horor
Sutradara : Andre Martono dan Rudiansyah
Produser : Tirta Siregar
Pemain Film 2 Batas Waktu :
Irish Bella
Sandra Olga
Ike Muti
Cok Simbara
Egy Fedly
Christopher Rizky
Tanggal Rilis : 26 Mei 2016
Produksi : Tu7uh Rumah Produksi

Trailer Film 2 Batas Waktu: 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yoehan Busana Merambah Bisnis Pakaian Segala Usia dan Lapisan Sosial

Perbedaan Artikel, Opini, Feature dan Esai

Dua Kodi Kartika: 4 Kunci Sukses Ika Kartika, Owner Keke Busana Muslim