Bangkit, Film Indonesia Satu-satunya yang Intens Memakai Teknologi CGI ala Hollywood



Taukah kamu apa itu teknologi CGI yang biasa digunakan dalam film-film dramatis Hollywood? Salah satu yang fenomenal adalah teknologi CGI yang digunakan di film Fast and fourious 7 yang bisa 'membangkitkan' kembali sosok Brian O'conner (Paul walker) yang telah meninggal gara-gara kecelakaaan mobil beberapa waktu lalu atau mungkin kita juga bisa lihat di film San Andreas yang begitu dramatis dengan gempa dan banjirnya.


Nah,CGI (computer-generated imagery) adalah  rekaan/pencitraan gambar dengan menggunakan komputer. Sebuah aplikasi komputer grafis yang bisa menciptakan gambar 3 D lengkap dengan berbagai efek seperti art of ilusion,maya,blender dan lain lain.

Film Hollywood yang sukses menggunakan CGI antara lain; Davy jones, Pirates of Carribean 2 dan 3,Transformer,Terminator 2,King kong, Lord of the Rings.

Bagaimana dengan film indonesia? Beberapa film indonesia memang sudah ada yang menggunakan teknologi ini seperti Garuda superhero, The Raid dan comic 8: Casino Kings Part 1 (2015). Namun Yang menarik, CGI  yang digunakan di film bangkit lebih  intens (kuat dan hebat) dibanding film yang saya sebutkan sebelumnya.

Salah satu contoh adegan yang menggunakan CGI di film bangkit, tatkala Jakarta luluh lantak dengan terjangan badai, banjir dan gempa yang meruntuhkan banyak bangunan, semuanya nyaris terlihat seperti nyata. Kemudian aksi-aksi heroik Vino dalam melakukan penyelamatan korban banjir lainnya, Pesawat Herkules jatuh, dan banyak lagi, Spektakuler! Meskipun begitu, CGI yang digunakan masih terlihat kasar dan belum bisa menandingi CGI Yang digunakan di film-film Hollywood, namun paling tidak saya sebagai pecinta film Indonesia patut mengapresiasi kerja keras sineas film ini yang mampu keluar dari zona nyaman Genre film-film Indonesia. Oiya, CGI film bangkit katanya di kerjakan di Bangkok dan dibantu oleh tim spesialis yang pernah bergabung di belakang film San Andreas! Wow....penasaran kan ingin melihat aksi Vino dkk? Yuk baca dulu sinopisnya...

Sinopsis

Kisah bermula saat aksi heroik Addri (Vino G Bastian) yang tengah berjuang menyelamatkan seluruh penumpang bis yang terperosok ke dasar jurang akibat hujan deras.

Addri adalah Tim Sar Nasional (BASARNAS) yang memiliki komitmen dan dedikasi pada pekerjaan yang ditekuninya. Isyrinya Addri, Indri Putri (Putri Ayudya) sangat memahami pekerjaan suaminya. Mereka dikaruniai dua anak, Eka dan Dwi.

Di lokasi lain, Seorang pemuda bernama Arifin ( Deva Mahenra) -seorang analisis BMKG yang tengah berpacu mengejar waktu untuk datang memenuhi permintaaan kekasihnya, Denanda (Acha Septriasa)-seorang dokter, untuk menghadiri pemberkatan mereka di gereja. Namun, Arifin terjebak banjir di basement sebuah gedung. Berhasilkah Arifin keluar dari gedung itu?

Sementara itu, Hadi,atasan Arifin (Ferry Salim) tengah memutar otak mencari cara bagaimana mengatasi badai yang menerjang Jakarta. Namun, kunci permasalahan justru ada pada seorang lelaki tua, professor ahli sejarah yang tahu seluk beluk terowongan Jakarta, Prof. Dr. Irwan Pongky (Yayu Unru). Terowongan peninggalan Belanda yang berada di bawah stasiun Maggarai dan Kota Tua. Peran Gubernur Jakarta (Donny Damara) sangat dibutuhkan dalam membuka akses ke terowongan ini.

Apakah, Addri bersama timnya mampu keluar dari situasi sulit ini? Apakah bencana Jakarta mampu di atasi? Saksikan penayangan film Bangkit pada 28 Juli 2016 di seluruh bioskop tanah air.

Cast and Detail Film Bangkit (2016)

Vino G Bastian sebagai Addri
Acha Septriasa sebagai Denanda
Deva Mahenra sebagai Arifin
Putri Ayudya sebagai indri-istri Addri
Ferry Salim
Donny Damara
Yasamin Jasem
Adriyan Bima
Khiva Iskak

Sutrdara : Rako Prijanto
Produser : Reza Hidayat
Produksi : Kaninga Pictures & OReima Films
Genre :  Action-Disaster

Simak Trailernya :


Komentar

  1. Cukup berani film Bangkit! mengangkat genre ini. Masih langka film Indonesia seperti ini.

    BalasHapus
  2. Yup betul kak nurul....bangkit think out of the box

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yoehan Busana Merambah Bisnis Pakaian Segala Usia dan Lapisan Sosial

Perbedaan Artikel, Opini, Feature dan Esai

Dua Kodi Kartika: 4 Kunci Sukses Ika Kartika, Owner Keke Busana Muslim