Seru Menonton Upacara Pergantian Pasukan Penjaga Istana Negara


Minggu pagi (28/8), Halaman Istana Negara yang terletak di Jalan Medan Merdeka Utara ramai dikunjungi ratusan warga Jakarta yang hendak menyaksikan seremoni pergantian Petugas Penjaga Istana Negara (bagian dari Paspampres).

Bersama kawan-kawan blogger lainnya, saya pun ikut serta melihat upacara ini. Kami datang atas undangan dari Mbak Efa Febryana, Staf Humas Kemensetneg.

Seolah tidak mau kalah dari para juru warta  yang berada di sana, bermodal smartphone warga ikut berebut mengambil gambar dan video mengabadikan setiap momen yang ada. Meskipun berkali-kali Petugas Keamanan menghimbau warga untuk tertib di jalur yang disediakan, tapi warga seolah tidak peduli dan terus merangsek maju lebih dekat dengan barisan pasukan berseragam merah putih lengkap dengan tanda pangkat dan kehormatannya.
Komandan Paspampres, Bambang Suswantono tengah memimpin Upacara serah terima Pasukan Penjaga Istana, Minggu (28/8/16)

Kegiatan ini merupakan pemandangan baru  semenjak Jokowi menjabat sebagai presiden. Istana negara beserta pengamanannya yang terkesan eksklusif, elit- jauh dari rakyat, kini berubah menjadi terbuka dan ramah. Buktinya,   warga bisa langsung melihat acara ini dari dekat tanpa harus takut.

Kegiatan ini melibatkan tiga regu Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), dua diantaranya sebagai Pasukan Penjaga Istana Negara dan satu regu lagi adalah unit Marching Band. Kedua pasukan tersebut akan melakukan rotasi serah terima penjagaan Istana Negara, Tempat dimana Presiden Jokowi berkantor.

Upacara ini merupakan kegiatan rutinitas  setiap bulan sekali dan telah dua kali dilaksanakan. Kenapa dilaksana luar halaman istana Negara? Ini tidak lepas dari arahan Presiden Jokowi yang ingin agar dirinya dan pihak Istana bisa dekat dengan rakyat.

Presiden Joko Widodo dalam beberapa kesempatan memang mengatakan tidak ingin ada jarak antara dirinya dengan rakyat. Bahkan, ketika pertama kali dilantik menjadi Presiden, salah satu hal yang pertama kali dilakukannya ialah berbicara dengan Paspampres terkait hal tersebut.

"Sesuai dengan petunjuk dan arahan Bapak Presiden, sebagaimana di luar negeri pergantian pasukan jaga Istana dapat dinikmati masyarakat. Untuk itu kita juga akan tampilkan," kata Bambang Suswantono seperti yang dikutip dari Media Humas Kemensetneg.

Proses pergantian pasukan tadi pagi, dipimpin oleh Komandan Paspampres Mayjen TNI (MAR) Bambang Suswantono. Dalam kesempatan tersebut, beberapa anggota Paspampres sempat menampilkan sejumlah atraksi seperti memeriksa senjata, amunisi, kerapihan seragam, hingga lempar senjata serta persembahan lagu-lagu kebangsaan dari Grup Marching Band Paspampres. Sebuah rangkaian pemandangan unik dan menarik serta menghibur.

Selesai prosesi itu, warga diperbolehkan berfoto dan berselfie ria dengan para prajurit.

Seremoni tersebut akan dilangsungkan setiap Hari Minggu pekan ke-2 setiap bulan dan dimulai pada pukul 8 pagi di halaman luar Istana Negara. Jadi, sambil olahraga pagi di Car free day (cfd), kita juga bisa ikut menyaksikan pertunjukan ini di Istana Negara, Istana rakyat!!!




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yoehan Busana Merambah Bisnis Pakaian Segala Usia dan Lapisan Sosial

Perbedaan Artikel, Opini, Feature dan Esai

Dua Kodi Kartika: 4 Kunci Sukses Ika Kartika, Owner Keke Busana Muslim