Belum Bahagia? Ini "Petunjuk Hidup Tenteram dan Bahagia"


Beberapa hari yang lalu,iseng saya jalan-jalan ke Gramedia Pondok Gede. Pas masuk dan melihat-lihat buku yang terpajang di rak buku, mata saya terantuk pada sebuah buku warna merah tebal, judulnya juga menarik, "Petunjuk Hidup Tentram dan Bahagia" penulisnya adalah Dale Carnegie. Sudah menjadi kebiasaan, saat melihat buku, yang pertama kali saya perhatikan adalah judul, menarik atau tidak, baru kemudian lihat pengarang, cover dan lainnya.
Dale Carnegie? Ya, bagi pecinta buku motivator dan public speaking namanya sudah tidak asing lagi. Salah satu judul buku fenomenalnya dan terjual jutaan copy di seluruh dunia adalah "How to Win Friends and Influence Others" artinya Bagaimana Cara Mencari Kawan dan Mempengaruhi Orang Lain".

Nah balik ke buku merah tadi, setelah membaca buku dengan tehnik Speed Reading, maka saya mendapat poin-poin isi buku Dale Carnegie Carnegie yang berjudul " Petunjuk Hidup Tenteram dan bahagia". Memang tidak persis sama karena saya bubuhkan sedikit kalimat-kalimat penjelas tapi inti dan pesannya sama. Berikut tipsnya ;

1. Miliki pekerjaan atau sumber penghasilan, sebab 70 porsen rasa sedih dan khawatir disebabkan karena persoalan keuangan. 

2. Pilih Pekerjaan yang kalian sukai, sebab jika kamu suka maka kamu akan rela menghabiskan waktu berjam-jam bekerja tanpa merasa seperti bekerja keras tapi seperti bermain-main saja.

3. Atur keuangan dengan menabung sekecil apapun sisihkan untuk berjaga-jaga terhadap keadaan saat anda butuh kelak. 

4. Bijak dalam pengeluaran. Karena sebesar apapun penghasilan/gaji kamu tidak menjamin bahagia. Apakah kamu kira orang yang bergaji besar otomatis bahagia? Belum tentu karena menurut survey banyak dari mereka yang bergaji tinggi tapi pengeluarannya pun ikut tinggi.life style ikut berubah.

5. Jangan bersedih jika saat ini keuangannmu sedang seret. Banyak orang yang tidak puas dengan keuangannya. Bahkan presiden AS, Abraham Lincoln dan Goerge Washington pun harus meminjam uang saat akan menuju ke Gedung putih. 

Catatan bijak :  "Tidak puas dengan apa yang kamu miliki saat ini? bahkan jika semua isi dunia diberikan kepadamu buka jaminan kamu akan puas."

"Kebahagiaan tidak bisa ditentukan oleh sesuatu yang bersifat jasmani (Seneca)". Artinya ada sisi rohani yang berperan.


Oleh karena itu, jangan bersedih dan jangan khawatir karena hidup ini jangka waktunya terbatas.Hiduplah hari ini, tutup masa lalu,tutup juga kekhawatiran masa depan.fokus dan nikmati hari ini, bukan berarti hidup tanpa plan atau rencana, tapi hindari kesedihan dan kekhawatiran.

Buang jauh jauh, rasa sedih, frustasi, dendam, benci dan ketakutan. Selalu berpikir positif dan besar.

Let's enjoy the life n do the best !

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yoehan Busana Merambah Bisnis Pakaian Segala Usia dan Lapisan Sosial

Perbedaan Artikel, Opini, Feature dan Esai

Dua Kodi Kartika: 4 Kunci Sukses Ika Kartika, Owner Keke Busana Muslim