Wow, Sumatera Barat Raih Penghargaan Destinasi Kuliner Halal Terbaik di KPHN 2016


"Tidak peduli kamu muslim atau bukan ketika pelayananmu baik maka baiklah bisnismu begitu juga sebaliknya" (Menpar Arief Yahya)

Hai Gais, apa kabar? salam #pesona indonesia.....Siapa yang menyukai masakan Padang? Saya suka! Bagaimana dengan kamu?  Padang dengan kulinernya meraih penghargaan lho...yuk baca reportase saya


Ada pemandangan berbeda di Balairung Soesilo Sudarman Gedung Sapta Pesona, Kantor Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (Kemenpar RI), Jumat malam kemarin (7/10/2016). Kemenpar sedang menggelar perhelatan akbar "Malam Anugerah Pariwisata Halal Nasional 2016".

Suasana begitu meriah dan menarik serta menghibur. Tata  panggung dan lighting warna warni mempesona. Satu persatu persembahan seni ditampilkan, seperti tari piring dari Sumatera Barat, vokal group Spot Light yang menyanyikan lagu-lagu daerah dan berbagai atraksi  menarik lainnya, wow keren!

Saya  senang bisa ikut menyaksikan secara langsung acara tersebut. Oleh karena itu, pertama saya ingin berterimakasih pada Bapak Iqbal Alamsyah, Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik Kemenpar RI yang sudah memberikan kesempatan. Kedua, Terimakasih juga buat Kang Sobari  yang sudah menghubungi saya by whatsapp untuk datang mewakili TDB.
Foto bareng dengan Bapak Iqbal Alamsyah, salah satu Juri di KPHN 2016

Malam Penghargaan Anugerah Pariwisata Halal Terbaik 2016 adalah agenda yang dibuat oleh Kementerian Pariwisata guna mengapresiasi atau memberikan penghargaan pada daerah-atau perusahaan yang menerapkan prinsip pelayanan islami terbaik (halal). Ini merupakan puncak dari rangkaian acara yang telah dimulai sejak  6 juni 2016 (pendaftaran) hingga 7 agustus 2016 yang mendaftar ada 117 peserta sementara yang ikut nominasi ada 111.

Malam pengahugerahan Parisiwsata Halal ini dihadiri pejabat daerah antara lain Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, Gunernur Aceh diwakili Zulkifli Hasan, serta Gubernur NTB.

Kira-kira daerah mana saja yang dinobatkan sebagai juara di Kompetisi Parawisata Halal Nasional (KPHN) 2016? Ini dia....

Sebanyak 15 pemenang dari 15 kategori yang diperlombakan antara lain:
1. Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam/Aceh sebagai juara kategori Destinasi Budaya Ramah Wisata Muslim Terbaik
2. Provinsi Sumatera Barat/Sumbar sebagai Juara Destinasi Wisata Halal Terbaik.
3. The Radhana Kuta Bali sebagai juara Hotel Ramah Wisatawan Muslim Terbaik.
4. Novotel Lombok Resort & Villas Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat sebagai juara Resort Pantai Ramah Wisatawan Muslim Terbaik.
5. ESQ Tours Travel Jakarta sebagai juara Operator Haji dan Umroh Terbaik.
6. Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Banda Aceh, Aceh (Airport Ramah Wisatawan Muslim Terbaik)
7. Ero Tour Sumbar ( Biro Perjalanan Wisata Halal Terbaik)
8. Wonderful Lombok Sumbawa, NTB ( www.wonderfullomboksumbawa.com sebagai website Travel Ramah Wisatawan Muslim Terbaik)
9. Kawasan Lembah Sembalun,Lombok Timur NTB ( Destinasi Bulan Madu Ramah Wisatawan Muslim Terbaik )
10. Sumatera Barat ( Destinasi Kuliner Halal Terbaik)
11. Kantin Salman ITB, Bandung ( Sentra Kuliner Halal Terbaik)
12. Botani Square Bogor, Jawa Barat ( Pusat Belanja Ramah Wisatawan Muslim Terbaik)
13. Rumah Makan Lamun Ombak Padang,Sumbar ( Restoran Halal Terbaik)
14. Masjid Raya Baiturahman Banda Aceh (Daya Tarik Wisata Terbaik)
15. Ayam Taliwang Moerad, NTB ( Kuliner Halal Khas Daerah Terbaik)


Poin 10, Sumatera Barat khususnya Padang menjadi Destinasi Kuliner Halal Terbaik lho, apalagi kalau bukan Masakan Padang dengan rendangnya yang pernah dinobatkan sebagai masakan terlezat ke 11 di dunia versi CNN. Padahal kuliner nya bukan hanya ada di Padang tapi juga tersebar di seluruh wilayah Sumatera Barat. 


Selanjutnya, Ke 5 pemenang (poin 1 sampai 5)  kelak akan mewakili Indonesia di Ajang World Halal Tourism Award (WHTA) 2016 yang akan berlangsung di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) pada Desember 2016  Mendatang.


Lantas, apa target Kemenpar ke depannya? Tim pemenangan yang dibentuk oleh Kemenpar menargetkan meraih sedikitnya 3 awards atau prestasi di WHTA nanti. Sama seperti raihan pada WHTA 2015 lalu yakni World's Best Halal Tourism Destination (Lombok), World's Best Halal Honeymoon Destination (Lombok) dan World's Best Family Friendly Hotel (Sofyan Betawi Hotel Jakarta).

"Dua Provinsi yaitu Aceh dan Sumbar akan disiapkan sebagai destinasi wisata halal andalan dan diharapkan akan mendapatkan World's Best Award di WHTA 2016 melengkapi NTB yang lebih dahulu pada tahun lalu meraih dua penghargaan World's Best Halal Tourism Destination dan World's Best Halal Honeymoon Destination," kata Arif Yahya.

Menpar Arif Yahya juga mengatakan bahwa perolehan awards di ajang WHTA 2016 akan memberikan dampak langsung terhadap peningkatan kunjungan wisman dan ini telah dialami oleh Lombok, NTB.

Kuncinya, kata Menpar jika Pariwisata daerah ingin maju maka masyarakatnya harus ramah pada wisatawan atau bahasa agamanya Rahmatan lil alamin.


"Tidak peduli kamu muslim atau bukan ketika pelayananmu baik maka baiklah bisnismu begitu juga sebaliknya" kata Menpar Arief Yahya dengan mantap.

Setuju Pak Menteri!!! Salam pesona Indonesia,maju terus Pariwisata Indonesia.
Menpar menyerahkan penghargaan bagi Juara KPHN 2016


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Artikel, Opini, Feature dan Esai

Halal bi Halal dan Launching Tempat Penitipan Anak Al Hadi Daycare 2

Film “Waalaikumussalam Paris” (bukan) Jawaban Assalamu alaikum Beijing