Obrolan Santai Seputar Cara Mendekor Rumah di Event Indonesia Properti Expo Jakarta




Baiti Jannati,  rumahku adalah surgaku, begitu ungkapan bijak yang sering kita dengar.  Rumah adalah tempat yang sangat penting bagi kehidupan manusia sebab di sini lah kita bisa melepas lelah,  berteduh dari panas dan hujan bahkan tempat menikmati "me time" dan "family time".

Bagi banyak orang, Rumah menjadi tempat menuangkan ide sekaligus menyalurkan ekspresi seni dalam bentuk desain interior dan eksterior yang indah dipandang mata atau  bahasa jaman now-nya,  Instagramable. Seperti yang dilakukan dua ibu muda cantik ini, Irma Alaydrus dan Adelya. Selain aktif di sosial media (netizen), Keduanya juga sedang menggandrungi dunia desain interior. Hasil dekorasinya sering mereka bagikan di Instragram miliknya. 

Nah,  kebetulan kemarin saya bisa bertatap muka dengan dua orang ini di sebuah event pameran properti terbesar di Indonesia (Indonesia Properti Expo) yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta mulai (2 Februari - 10 Februari 2019).

Irma dan Adelya tampil sebagai narasumber talkshow yang bertema "Pemilihan Tema Dekorasi pada rumah terinspirasi dari Media Sosial".
Dalam sesi Sharing tersebut,  Irma berbagi tips seputar pengalamannya mendesain rumahnya. Perempuan berwajah timur tengah ini dulunya adalah sebagai Food Fotographer dan sekarang menjadi desain fotografer.

Ada yang menarik ketika Dia menyebutkan sebuah konsep desain yang bernama Scandinavian Style. Scandinavia merujuk ke negara-negara Eropa utara meliputi Denmark,  Swedia,  Finlandia, Islandia dan Norwegia dengan gaya rumahnya yang khas.

Kata Irma, Scandinavia House bisa dicirikan dengan desain interior tone warna tidak mesti putih tapi juga grey & blue. Minimalist, dan sederhana, fungsional,  tone senada. Irma juga bilang, orang-orang Skandinavia tidak menyimpan barang-barang yang tidak lagi digunakan.
Scandinavian adalah salah satu style desain interior populer yang banyak digunakan di negara-negara Eropa, Amerika dan Asia.
Konsepnya modern dan ramah lingkungan  dan tak perlu banyak dekorasi, bentuknya sederhana dan terbuka.
Adapun ciri-ciri Scandinavian Style antara lain :

1.Dominasi warna putih sehingga terlihat bersih.

2. Jendela kaca yang lebar sehingga cahaya matahari bisa bebas masuk ke rumah sebagai penerang alami yang hemat dan ramah lingkungan.

3. Pemakaian kayu warna Putih dan furnitir sederhana dengan warna-warna netral yang elegan.


4. Pintu kaca geser yang menghadap ke taman sehingga udara segar bisa masuk.


Lain halnya dengan saran dan tips yang dijelaskan Adelya. Dia lebih tertarik dengan tema Boho atau Bohemian. Tapi jangan salah ya ini bukan tentang film yang diperankan Freddie Mercury yang berjudul "Bohemian Rapshody", hehehe...
Menurut Adel, paling tidak ada empat tema yang bisa diterapkan dalam desain yaitu Minimalist, Japanese, Boho (Bohemian), dan Industrial.





Just info,  "boho" adalah istilah yang digunakan untuk mendefinisikan hal-hal yang tidak konvensional dan artistik.
Boho adalah singkatan untuk kata Prancis bohémien, mengacu pada suku gipsi (nomaden) atau  sekelompok orang tertentu yang bepergian dari Bohemia, sebuah wilayah di Republik Ceko.
Kata itu kemudian berkembang untuk para seniman, penulis, aktor, atau musisi yang sering miskin dan menjalani gaya hidup nomaden, bepergian sedikit ke seluruh kota-kota besar Eropa.

Dalam dunia desain interior, Gaya Boho mengacu style dekorasi rumah yang menarik. Konsep ini memiliki ciri kaya akan penggunaan warna, tekstur, dan berlapis sehingga tiga aksen dasar tersebut memberikan rasa santai dan riang.
Karakteristik lainnya,  dekorasi boho tidak mengikuti skema warna, atau menggabungkan semua warna. Pemilihan warna pun cenderung lembut dengan tone yang sederhana. Sehingga, ruangan dengan konsep ini akan memberi rasa tenang dan damai.

Untuk furnitur atau aksen ruangan umumnya menggunakan bahan alami, mengkilap, dan licin. Furnitur pada dekorasi bohemian sendiri merupakan campuran yang bersifat eklektik antara barang antik dan bergaya vintage.
Sementara untuk dekorasi tanaman di rumah  digantung dan juga disimpan dekat ruang tamu.
Irma Alaydrus Penata Desain Interior

Nah,  gimana guys setelah membaca model desain interior di atas? Mana yang sesuai dengan gaya kamu pastikan sesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Dan satu lagi,  kalian bisa mempelajari berbagai model atau style desain hanya melalui Instagram dengan kata kunci desain interior.

Alternatif lain,  kalian bisa langsung mengunjungi Pameran properti yang sedang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) hari ini sampai tanggal 10 Februari 2019. Di sana kalian bisa melihat berbagai stand yang menampilkan berbagai desain interior dan eksterior yang menarik. So, dont miss it.... Buru kesana guys!!!


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yoehan Busana Merambah Bisnis Pakaian Segala Usia dan Lapisan Sosial

Perbedaan Artikel, Opini, Feature dan Esai

Dua Kodi Kartika: 4 Kunci Sukses Ika Kartika, Owner Keke Busana Muslim